Oleh: paksoleh | Februari 27, 2009

TIK Mengubah Paradigma Pendidikan di Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, paradigma Pendidikan di Indonesia kini telah memasuki era baru. Semua komponen dalam dunia pendidikan kini berupaya untuk mengubah paradigma pendidikan di Indonesia. Salah satu faktor yang akan menjadi media pengubah adalah teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology).

Mendiknas Bambang Sudibyo mengungkapkan dengan menggunakan TIK, ada kesempatan untuk mengubah paradigma pendidikan. ”Jika sebelumnya menggunakan paradigma pengajaran dimana guru bertindak sebagai subjek sementara murid bertindak sebagai objek. kini harus mengarah ke paradigma pembelajaran dengan guru dan murid sama-sama bertindak sebagai subjek. Sehingga posisi keduanya sejajar,” kata Mendiknas pada ‘Semiloka Teknologi Maju untuk e-Pembelajaran’, di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Pengajaran menggunakan TIK, menjadikan sumber ilmu pengetahuan menjadi tidak terbatas. Setiap siswa dapat aktif mencari sumber ilmu pengetahuan lain. Bandingkan jika hanya mengandalkan guru yang memiliki ilmu pengetahuan yang terbatas.

Manajemen pendidikan bakal berfokus kepada dua pijakan. Yaitu penyediaan akses pendidikan yang cukup dan merata untuk seluruh masyarakat. Serta untuk memperbaiki kualitas, kompetisi, dan relevansi pendidikan terhadap kebutuhan masyarakat. ”Khusus untuk Indonesia, ditambah dengan upaya untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan di bidang pendidikan,” kata Bambang.

Berdasarkan paradigma baru dalam pendidikan di Indonesia itu, guru sebagai salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran harus senantiasa meningkatkan kualitas sumber dayanya dalam hal pengetahuan akan TIK. Pengetahuan terhadap TIK harus harus selalu di up to date agar guru tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Jika mulai sekarang guru tidak melakukan hal tersebut, tentu saja akan mengalami kesulitan jika guru berhadapan dengan tuntutan untuk melaksanakan proses pembelajaran yang berbasis TIK. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, yang penting adalah kemauan kuat untuk belajar, karena dengan belajar semua akan menjadi mudah.


Responses

  1. bener dech, aku setuju, selamat belajar para guru Indonesia …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: